Senin, 03 November 2008

Marketing Tools Bisnis Online

Bisnis apa saja akan memerlukan alat atau tools untuk mengerjakannya. Nah, dalam hubungannya dengan pemasaran lewat internet kita pun perlu tools yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Berikut ini marketing tools yang wajib diperlukan oleh sebagian besar internet marketer:

Sebuah Komputer yang handal

Memang benar, bahwa bisnis online bisa dikerjakan via warnet atau komputer umum lainnya. Bisa saja pinjam tetangga, atau curi curi waktu pada jam kerja misalnya. hehe.. Toh internet itu adalah media untuk mengkomunikasikan apa yang kita bisniskan, jadi internet sifatnya membantu saja. Namun jika anda mulai menekuni bidang internet marketing ini, maka memiliki sendiri komputer pribadi yang handal akan meningkatkan kinerja secara sangat signifikan. Saya sendiri dulu memulainya dari warnet, dapat hasil sisihkan sebagian besar darinya dan secepat mungkin beli komputer sendiri. Kini saya mempunyai laptop yang sangat handal dan tentu saja keren!

Komputer tak harus canggih-canggih amat kok. Yang penting komputer tersebut mempunyai modem untuk konek ke internet, hard disk yang cukup untuk menyimpan data-data anda misalnya 30Mb, prosesor yang pentium III atau diatasnya akan lebih sip, keyboard yang enak buat mengetik. Jangan lupa juga ada CD-RW di komputer anda plus cadangan sejumlah CD kosong, Anda akan memerlukan ini untuk memudahkan pekerjaan seperti membuat file cadangan, atau menginstall program-program yang anda perlukan nanti.

Lengkapi juga komputer anda dengan progam yang diperlukan. Sistem operasi yang anda senangi, mungkin windows, Office software, Internet Browser seperti Internet Explorer atau FireFox, Anti virus nih penting sekali (selalu, harus bin wajib dech jika anda berselancar di internet). Program email client seperti Outlook Express atau Eudora misalnya. Editor HTML.

Telepon dan Koneksi Internet

Ya, penting dan wajib la ini ketika kita mulai serius menjalankan bisnis internet, terkecuali anda masih sepenuhnya bergantung warnet dan belum punya komputer sendiri seperti di atas :)

Pilih koneksi internet yang cepat dan stabil untuk kenyamanan Anda. Kalau belum ada di kota anda maka dapat menggunakan dial-up biasa. Koneksi yang agak slow tetap dapat dinikmati dan bagus untuk latihan kesabaran. hehe.

Ruang Kerja yang nyaman, plus meja kursi. Anda sudah tau lah yang ini pasti. Namun banyak juga orang yang menyepelekan hal ini, padahal mereka akan menghabiskan banyak waktu di depan komputer, akhirnya tanpa sadar mereka cepat capek lalu bosan dan belum sukses sudah berhenti. Bisnis apa yang sukses ketika kita berhenti ditengah jalan ?

Website

Nah, yang ini. Tadi sudah punya komputer, saluran internet, dan sebagainya. Maka ujung tombaknya terletak pada WEBSITE ini. Website adalah tempat Anda mengkomunikasikan bisnis anda. Benar juga, Anda bisa menggunakan website afiliasi Anda saja atau website replika yang dibuat oleh leader Anda misalnya, mungkin yang satu ini sudah anda kenal. Namun memiliki website anda sendiri merupakan kelebihan tersendiri, merupakan branding bagi Anda. Website terdiri dari:

Domain:
Nama website anda, seperti bizmediahost.com atau mediatechindo.com.

Hosting:
Tempat menyimpan file-file Anda, kalau di perusahaan seperti kantornya, tempat dimana anda menempatkan meja kursi, telepon. Hosting ini berarti kita menyewa sebagian space komputer yang menyediakan jasa ini di internet. Anda dapat membeli hosting di Bizmediahost juga.

Domain dan Hosting biasanya anda beli dalam bentuk paket. Harga domain bervariasi 95rb pertahun sedangkan hosting akan bergantung seberapa besar space yang anda perlukan. Untuk keperluan standard maka hosting space dengan kisaran 20Mb sampai 50Mb sudah ideal, harganya berkisar 40rb sampai 70rb per tahun. Jadi anggaplah untuk domain dan hosting anda perlu kurang dari 200rb per tahun.

Script:
Adalah program yang mengatur data-data Anda agar dapat ditampilkan di website Anda. Script ada yang gratis, ada yang murah, ada juga yang miliaran rupiah harganya. Tergantung kompleksitas program itu sendiri. Anda bisa mencari di mesin pencari Google ataupun langsung berdiskusi dengan pihak hostingan.

Jangan khawatir, banyak kok orang yang gaptek sekalipun kemudian sukses menjalankan bisnis internet, asalkan mau belajar super disiplin dengan jadwal yang anda atur sendiri dan dengan konsisten benar-benar mempraktekkan ilmu yang dipelajari tersebut, dan jangan segan-segan untuk selalu bertanya kepada kami selaku pihak hostingan, dengan sengan hati kami selalu siap membantu.

So pasti,
Diperlukan juga WAKTU untuk mempelajari internet marketing itu sendiri, perlu juga komitment yang tinggi hanya untuk sukses, modal yang cukup untuk beli alat-alat atau marketing tools seperti di atas tadi serta biaya untuk promosi, biaya kopi dan camilan sambil kerja.
Masih ada lagi Internet Marketing Tools ? Banyak !. Apakah Anda harus mempunyai semuanya ? Tidak juga, anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pribadi Anda. Yang wajib-wajib ya seperti di atas tadi.

0 Comments:

 

© 2009 Thinking "Campur Aduk" Blog: Marketing Tools Bisnis Online | Design by Wikan



Blog Campur Aduk


---[[ Skip to top ]]---